Arif Blog

April 16, 2010

Menurut anda kenapa diperlukan hak cipta untuk produk TI? Apakah software yang anda hasilkan dengan menggunakan software bajakan bisa dikatogorikan aplikasi atau sistem bajakan pula??

Filed under: Uncategorized — ciyegue2 @ 12:45 pm

Hak cipta (lambang internasional: ©) adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.

Seiring berkembangnya teknologi TI yang begitu banyak karena produk IT terus dikembangkan untuk memenuhuhi kebutuhan user, Sekarang banyak vendor yang mengeluarkan produk yang sejenis dengan kulitas yang berbeda.Dengan adanya hak cipta orang tidak bisa seenaknya mengakui produk milik orang lain dan dengan adanya hak cipta vendor produk IT juga bisa menentukan harga untuk pengguna. Harga mahal sudah pasti kualitas produk bagus. Orang yang membuat perangkat lunak harus juga diberikan hak cipta supaya perangkat lunak yang sudah dibikin tidak diakui oleh orang lain dan bisa diapresiate oleh orang banyak.

software yang anda hasilkan dengan menggunakan software bajakan bisa dikatogorikan aplikasi atau sistem bajakan pula?

menurut dari sudut pandang saya produk perangkat lunak diindonesia ini cukup mahal, karena keterbatasan biaya maka banyak orang memekai produk software yang bajakan untuk menghasilkan suatu aplikasi, oleh karena itu perlu dukungan pemerintahan untuk mencari jalan keluar agar produk software indonesia bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Apabila kita ingin membeli software original sedangkan biaya tidak cukup ini menghabat suatu hasil karya yang ingin dibuat suatu aplikasi oleh seseorang,

Sotware/aplikasi yang kita hasilkan dengan menggunakan software yang bajakan menurut saya itu aplikasi yang dihasilkan bukan bajakan karena software atau aplikasi yang dihasilkan adalah dari suatu hasil pemikiran sendiri dan hasil karya kita sendiri dari hasil pemikiran kita, meskipun yang digunakan adalah dari software bajakan.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hak_cipta

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: